Tips Membuat Pagar kayu Terlihat Indah dan Sempurna

adsense-fallback

Ingin Pagar Kayu Rumah Anda Terlihat Indah  dan Sempurna ? Ini Tipsnya

Kayu adalah salah satu bahan  material yang unik dalam properti. Tampilan material  yang alami dari kayu, umumnya menjadikan  alasan banyak orang untuk menggunakan bahan ini sebagai salah satu elemen rumah. Kayu umumnya digunakan untuk  kusen jendela dan  pagar rumah  .

Untuk mendapatkan pagar yang indah dan sempurna meskipun berbahan dasar kayu, Anda perlu melakukan pemilihan kayu dengan kriteria berkualitas tinggi.

baca juga : Variasi Model Pagar Tembok Minimalis Untuk Menunjang Keindahan Rumah

adsense-fallback

Kayu Yang Bisa Digunakan Sebagai Pagar

varian kayu yang bisa dijadikan sebagai bahan pembuat pagar antara lain jenis merbau, kamper, ulin, damar laut, kayu cedar, cemara, kayu mahoni, kayu jati, atau bahkan bambu.

Dari bahan di atas, bambu adalah bahan paling murah yang bisa digunakana sebagai pagar rumah tetapi harap diperhatikan karena bambu ini memiliki kelemahan mudah rapuh dan mudah dirusak.

Untuk menghasilkan kualitas pagar kayu yang sempurna kiranya Anda perlu memilih bahan yang kualitasnya baik  karena nantinya pagar akan berada di luar ruang. Sinar matahari yang menyengat dan air hujan yang turun bisa membuat kayu cepat lapuk dan keropos bila kualitasnya tidak bagus.

Jika Anda mementingkan kualitas, pagar kayu bermaterial kayu ulin bisa menjadi pilihan. Kayu ulin memiliki kualitas terbaik kayu ini memiliki sifat seperti halnya besi sehingga disebut juga sebagai kayu besi.

Kayu ulin ini juga akan tenggelam dalam air  karena sifatnya yang berat. Kayu ulin sekarang sudah sangat langka dan dilindungi. Kayu ini sangat istimewa karena memiliki ketahanan terhadap cuaca dan akan bertambah kuat jika terkena air serta tidak membutuhkan perawatan ekstra.

Hindari penggunaan kayu yang tidak resmi hasil dari illegal logging. pilihlah kayu yang legal dan memiliki dokumen resmi

Kayu ulin memiliki harga yang sangat mahal hingga belasan juta rupiah. Kayu ulin yang memiliki kualitas terbaik berasal dari wilayah Kalimantan kemudian dari Sulawesi.

Kayu yang memiliki kualitas terbaik kedua sebagai pagar setelah kayu ulin yaitu kayu merbau, kemudian kayu jati, kayu damar laut dan kayu kamper .

Baca Juga : Pilih Pagar Untuk Rumah, Pagar Besi Atau Pagar Alumunium?

 Kelebihan Pagar Kayu

Material Kayu banyak dipiliih orang karena memiliki beberapa kelebihan diantaranya  harga yang  lebih murah jika  dibandingkan dengan pagar berbahan  besi dan dinding.

Disamping itu, proses pembuatan  pagar kayu lebih cepat sehingga lebih dapat menghemat waktu pembuatannya sehingga biaya yang Anda keluarkan menjadi lebih hemat dan irit.

Bagi Anda yang menyukai tampilan alami, pagar berbahan dasar kayu bisa menjadi pilihan tepat karena kayu memiliki tampilan lebih cantik yang bisa diaplikasikan di rumah bergaya etnik/tradisional .

Selain itu, pagar kayu juga bisa diaplikasikan  pada bangunan yang menerapkan gaya minimalis dan modern yang saat ini menjadi trend.

Keuntungan lain dari pagar kayu  adalah memunculkan kesan yang lebih lunak. Berbeda dengan pagar dari tembok yang tampilannya kaku apalagi jika dibuat dengan ukuran yang lebih tinggi. Meski memiliki ukuran yang tinggi, pagar kayu tidak akan memunculkan kesan kaku seperti halnya pagar dari tembok. Bahkan jika ingin menciptakan variasi desain yang lebih unik dan menarik, pagar dari kayu lebih mudah diaplikasikan.

Tips Mengecat Pagar Rumah Berbahan Dasar Kayu

8 Tahap yang diperlukan saat akan mengecat pagar kayu :

#1. Lindungi seluruh tanaman dengan terpal plastik disekitar wilayah pagar bila perlu pangkas sebagian dedaunan yang akan mengganggu pekerjaan saat mengecat pagar.

#2. Untuk tanaman yang tidak bisa ditutup dengan terpal plastik Ikat tanaman dengan plant ties .

#3. Bersihkan permukaan pagar dari material yang bisa menghalangi cat seperti pasir atau debu dengan lap kering. Hal ini dilakukan guna memastikan permukaan pagar  telah halus dan rata agar mendapat hasil yang sempurna.

#4. Oleskan lapisan primer ke semua panel pagar dan biarkan kering sepenuhnya.

#5. Gunakan kuas berukuran besar untuk mengecat permukaan pagar. Jika garis pada pagar kayu bergerak ke arah horisontal, maka Anda juga harus mengecatnya dengan skema horisontal, dan begitu pun dengan vertikal.

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan , Anda bisa menggunakan cat semprot yang dirancang khusus atau pistol semprot.

#6. jika diperlukan Anda dapat menerapkan lapisan cat kedua pada pagar kayu.

Jika menginginkan pagar kayu terlihat alami, gunakan cat transparan. Cat ini tidak menutup permukaan kayu dengan “rapat” sehingga warna dan serat kayu masih terlihat. Sebaiknya permukaan kayu dicat ulang setelah 1 tahun

Tips Perawatan Pagar Kayu

Masalah yang sering muncul saat Anda menggunakan material kayu sebagai bahan dasar pagar adalah biasanya muncul kerusakan akibat keropos, Jamur, rayap dan tampilan pagar yang mulai kusam. Berikut pandunan tips merawat pagar kayu agar tetap terlihat indah dan menawan.

#1. Pagar kayu terhindar dari jamur

Lapisi kayu dengan teak oil yang memiliki warna natural saat mengaplikasikan cat agar pagar terhindar dari jamur. Teak oil diterapkan setelah permukaan kayu diamplas. Selain mampu mencegah datangnya jamur, lapisan teak oil ini juga bermanfaat untuk mempertahankan warna kayu agar tampak seperti semula.

Setelah pagar dicat, sebaiknya gunakan poles alami yang mengadung antiseptic sehingga jamur tidak bisa tumbuh. Gunakanlah biopolish wood and furniture care untuk di gunakan sebagai lapisan terakhir pada pagar kayu setelah di cat.

#2. Pagar Kayu terhindar dari serangan rayap

Untuk menghindari serangan rayap pada pagar kayu, Anda bisa menggunakan cat yang dilengkapi dengan bahan anti rayap serta maksimal enam bulan sekali semprotkan zat anti rapay pada pagar.

Oleskan / kuaskan campuran larutan anti jamur kayu (methylene bis thiocyanate) dan anti serangga kayu (Permethrin) pada permukaan kayu sebelum di cat atau di coating. Hal ini diperlukan, untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri serta mencegah serangan serangga kayu seperti rayap atau teter.

Selain itu Anda juga bisa mencegah rayap dengan tidak menanam pagar kayu langsung ke dalam tanah, Anda bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan material besi untuk bagian bawah pagar atau dengan menggunakan dinding /bata sebagai alas bawah pagar.

#3. Pagar kayu terlihat Indah dan tidak kusam

Untuk mendapatkan tampilan yang indah dan tidak kusam lakukan pengecatan ulang pada pagar saat mulai terlihat kusam

adsense-fallback