Tips memilih Cat Rumah Berkualitas

adsense-fallback

Tips memilih Cat Rumah

Cat adalah cairan yang akan membentuk lapisan di atas permukaan substrate (objek yang dicat) setelah cairan tersebut kering. Fungsinya untuk melindungi substrate (lapisan bawah), dan meningkatkan nilai estetika. benda yang dicat juga akan memudahkan kita untuk membersihkan permukaan benda tersebut.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengubah tampilan dinding di rumah tetapi mengecat .mengubah warna dinding adalah yang paling banyak orang lakukan dari pada harus mengubah bentuk dinding atau dengan melapisi dinding dengan wallpaper

adsense-fallback

Memilih cat untuk dinding rumah kadang membuat kita merasa bingung karena tidak ada cara umum tentang pilihan warna cat untuk rumah kita. Memilih warna cat adalah sebuah seni.Dalam seni ada kebebasan. Warna cat  akan mencerminkan kepribadian dan gaya hidup sang  pemilik.

Proses pengecatan rumah tidaklah murah. Kita perlu memperhitungkan biaya yang dibutuhkan untuk membeli cat dan ongkos tukang oleh karena itu perlu tips agar cat tembok kita tahan lama dan kita tidak terlalu sering melakukan pengecatan ulang.

Mengecat rumah tidaklah murah, Biaya yang dikeluarkan untuk membeli cat dan membayar tukang perlu diperhitungkan cermat. Itulah sebabnya semua orang tentu menginginkan cat yang tahan lama sehingga tidak perlu sering mengecat ulang.

Untuk itu Anda harus memikirkan matang-matang sebelum membeli cat agar cat tembok Anda hasilnya memuaskan dan sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika Anda memilih Cat Tembok yang tepat akan membuat Anda lebih Menghemat Pengeluaran. Karena cat yang berkualitas akan lebih tahan lama.

Tips memilih Cat Rumah

Berikut tips memilih cat tembok berkualitas seperti dilansir situs rumahsaya.com dan rumah123.com:

  1. cari informasi tentang cat tembok mana yang kualitasnya baik untuk tembok yang Anda inginkan. Cat tembok yang berkualitas tidak gampang luntur dan lebih awet. Cat berkualitas tidak mudah rusak minimal 5 tahun penerapan pada dinding.
  2. Colek cat dengan ujung jari. Gesek cairan cat dengan jari lain. Cat berkualitas terasa lembut dan tidak lengket.
  3. Cat yang ramah lingkungan tidak mengandung tambahan timah hitam atau timbal (Pb) dan logam merkuri (Hg) yang berbahaya. Juga tidak berbau menusuk hidung.
  4. Hindari cat yang mengandung ppAC (sejenis lem putih). Bahan lem mudah larut bila terkena air. Cat jadi gampang terkikis atau terkelupas. Jika diusap akan meninggalkan bekas di tangan.
  5. Perhatikan cat yang Anda beli apakah mengandung pure elastomeryc polymer acrylic atau tidak. Jika ya, artinya cat tanpa bahan ini biasanya berkualitas kurang dan bisa jadi cat yang paling rendah.
  6. Cat tidak membekas di tangan jika kering dan tidak mudah terkelupas atau terangkat jika permukaan cat diketok atau dilap.
  7. Untuk daerah yang sering terkena banjir, pilih cat yang mengandung lapisan antijamur, baik untuk interior ataupun eksterior.
  8. Khusus untuk keperluan eksterior, pilih cat dengan double UV protection. Hal ini penting agar cat tidak cepat pudar terkena paparan sinar matahari atau perubahan cuaca yang ekstrim
  9. Beli cat dalam kaleng ukuran kecil. Lalu terapkan pada sebagian tembok, kemudian lihat perbedaan warna saat siang dan sore hari. Cat yang berkualitas tentu warnanya akan terlihat bagus. Setelah Anda mencoba cara ini, tentu akan mempermudah Anda menentukan warna yang Anda inginkan.
  10. Cat yang berkualitas adalah cat yang bersih bahkan yang dapat dibersihkan saat dinding terkena noda. Cat yang bagus hasilnya akan halus dan permukaan tembok akan rata, sehingga mempermudah pengecatan dan hasilnya tentu lebih memuaskan.

Tips memilih Warna Cat Yang Tepat

  1. Warna untuk bagian dalam bisa semua warna dan lebih bebas karena hampir tidak ada pengaruh cuaca.
  2. Sedangkan bagian luar, sebaiknya hindari warna-warna yang mengandung unsur warna merah karena memiliki lightfastness (ketahanan terhadap sinar) yang rendah.
  3. Gunakan selalu color scheme (skema warna) untuk mengombinasikan jenis-jenis warna. Hal ini menyangkut selera juga nuansa ruang apa yang ingin ditampilkan (color psychology).
  4. Untuk ruang sempit dengan plafon rendah, sebaiknya gunakan warna-warna muda agar ruang terkesan luas. (blog ruangrumahkita )

Judul Artikel : Tips memilih Cat Rumah

adsense-fallback