Tips memilih Furnitur Cantik dan Aman Bagi Kesehatan

adsense-fallback
sumber gambar: communityrootsboulder

Tips memilih Furnitur Cantik dan Aman Bagi Kesehatan

Furnitur  adalah  salah satu komponen pelengkap dalam desain interior yang bermanfaat  dalam  mempercantik tampilan hunian rumah. Tak sekadar memiliki bentuk nan cantik, ternyata furnitur ini terbuat dari bahan baku yang aman bagi kesehatan.

Dalam memilih furnitur dipastikan Anda melihat dari bentunya yang unik dan menarik. Namun dua syarat itu belumlah cukup. Ada hal lain yang perlu diperhatikan. Seperti terbuat dari bahan baku yang aman untuk kesehatan.

adsense-fallback

Untuk menciptakan furnitur cantik  kualitas kayu untuk  furnitur biasanya dengan menggunakan kayu mahoni, sengon dan MDF. Perlu diketahui bahwa, untuk menghasilkan sebuah produk unggulan, tentu materialnya haruslah yang terbaik.

Bukan hanya kualitas bahan dan desainnya, dalam pengecatan furnitur yang baik juga perlu diperhatikan dengan menggunakan material cat yang tidak menghasilkan bau. Ramah lingkungan dan tidak merusak kesehatan.

Tips memilih Furnitur Cantik dan Aman Bagi Kesehatan

  1. Upayakan memilih furnitur yang baik bagi kesehatan pemakainya. Pilih furnitur bermaterial cat yang tidak mengeluarkan bau menyengat.
  2. Hindari memilih furnitur berbahan partikel atau sebuk kayu yang dipadatkan menjadi bentuk furnitur. Lebih baik mengeluarkan sedikit lebih mahal tapi kualitas furnitur itu dapat bertahan lama.
  3. Lebih bijak saat membeli. Jangan mudah tergiur pada furnitur berharga murah. Furnitur itu rentan terhadap kondisi. Disarankan untuk dapat menyesuaikan kebutuhan ruang akan penempatan furnitur itu.
  4. Pastikan furnitur itu tepat untuk ruang dan tepat untuk penggunanya (penghuni).

Jika kita memiliki anak kecil, disamping memperhatikan keindahan dan kecantikan desain furnitur, perlu juga kiranya memperhatikan faktor keselamatan agar anak Anda tidak mengalami kecelakaan disebabkan karena furnitur tersebut.

Berikut ini beberapa kiat dan tips memilih furnitur cantik dan aman untuk anak sebagaimana sebagaimana dilansir oleh situs artikelduniawanita.com, yaitu:

  1. Ukuran. Perhatikanlah ketinggian furnitur Anda. Pilihlan furnitur yang tidak terlalu pendek  agar anak Anda tidak dapat memanjatnya, terutama apabila furnitur mempunyai lapisan kaca pada permukaannya.
  2. Ujung. Perhatikanlah ujung furnitur yang hendak dipasang di dalam rumah ataupun di kamar anak. Usahakan memilih furnitur yang tidak memiliki ujung yang tajam, namun pilihlah jenis furnitur yang memiliki ujung agak bulat. Namun demikian, apabila tidak tersedia ujung furnitur yang agak bulat di pasaran, bisa dipertimbangkan untuk memasang pelindung pada ujung furnitur.
  3. Kaca. Perhatikan juga penempatan dan ukuran kaca yang digunakan sebagai pelengkap furnitur. Kaca biasa digunakan sebagai bahan pelengkap furnitur dan terkadang beberapa furnitur meletakkan penempatan kaca pada bagian bawah dengan ukuran yang relatif besar. Apabila memiliki anak balita yang masih belajar berjalan, penempatan kaca dibagian bawah furnitur berpotensi membahayakan keselamatan anak balita seperti resiko pecah ataupun retak.
  4. Logam. Pada saat sekarang, banyak sekali bahan furnitur yang bisa dipilih. Usahakan memilih bahan furnitur yang tidak terbuat dari logam. Selain menghindari akibat benturan yang jauh lebih berbahaya dan menyakitkan, furnitur yang terbuat dari logam juga berpotensi menghantarkan listrik apabila furnitur yang bersangkutan dilengkapi dengan asesoris yang dihubungkan dengan listrik.

Demikian tips memilih furnitur cantik dan aman untuk rumah Anda ! 

adsense-fallback