Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

adsense-fallback

Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

Memilih keramik kamar mandi  bisa menjadi tugas yang menyenangkan jika Anda suka dekorasi interior. Tetapi jika Anda termasuk orang yang  awam dalam dunia interior, Anda mungkin akan merasa bingung tidak tahu harus mulai dari mana. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai tips memilih keramik untuk digunakan di kamar mandi.

Keramik yang akan digunakan pada suatu ruang kamar mandi basah memiliki kebutuhan tersendiri.Ketika anda memilih keramik untuk kamar mandi, pertimbangkanlah untuk memilih keramik yang memiliki tekstur anti licin. Hal ini untuk menjaga keamanan ketika anda berada di kamar mandi.

adsense-fallback

Jika Anda membeli dan memasang keramik tanpa glasir, maka kita harus sering membersihkannya. Hal ini disebabkan keramik tersebut cukup mudah untuk menyerap noda.

Berikut tips memilih keramik untuk dipasang di kamar mandi seperti dikutip dari situs romanceramics.com :

  • Pemilihan keramik lantai yang tepat tergantung pada tipe kamar mandi yang diinginkan. Semua pilihan lantai harus cocok untuk digunakan secara aman bahkan dalam kondisi basah sekalipun. Kalau pengguna kamar mandi adalah anak-anak dan orang tua, prioritaskan masalah keamanan. Sebaiknya gunakan keramik lantai yang bertekstur atau memiliki permukaan anti slip (tidak licin) karena sering ada air/ kelembaban.
  • Sedangkan keramik dengan permukaan glossy atau yang tidak bertekstur berat lebih disarankan dipakai pada keramik dinding kamar mandi. Hal ini membuat kamar mandi akan mudah dibersihkan dari sisa sabun ataupun jamur/lumut.
  • Untuk keramik lantai perlu diperhatikan arah aliran air. Karena sering kecipratan air maka perlu diarahkan kemiringan lantai menuju arah pembuangannya (sekitar 1%).Ukuran lantai yang tidak terlalu besar akan membantu mengarahkan aliran air tersebut.
  • Pemilihan disain keramik untuk lantai dan dinding kamar mandi akan sangat menentukan hasil akhir yang sesuai dengan tema kamar mandi yang diinginkan.Keramik dekoratif seperti listello, inserto atau panel pada keramik dinding akan memberikan suasana/disain yang lebih baik dan mendukung tema pilihan tersebut.
  • Unsur lainnya yang perlu diperhatikan adalah keserasian layout dan besaran ruangan. Jika ruangan terbatas, maka penggunaan keramik berukuran besar akan membantu kesan ruang kamar mandi lebih besar. Demikian pula ukuran keramik yang memanjang secara harizontal bisa membantu kesan tersebut.

Itulah beberapa tips memilih keramik kamar mandi  yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Judul Artikel : Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

adsense-fallback