Tips Memilih Regulator Gas Berkualitas

adsense-fallback

Tips Memilih Regulator Gas Berkualitas

Rumah Pantura – Tabung gas yang tiba-tiba meledak umumnya terjadi karena adanya kebocoran gas yang tidak disadari pengguna. Kualitas rendah tabung dan regulator gas serta aksesori kerap dikesampingkan  untuk mengejar harga yang murah. Padahal gas termasuk bahan bakar yang mudah tersulut api. Ada baiknya penggunaan regulator gas yang berstandar nasional Indonesia (SNI) untuk mengurangi resiko bocornya gas.

Kenali Penyebab Kebocoran Gas

adsense-fallback

Sebagian besar kasus kebakaran tabung disebabkan adanya kebocoran gas. Bisa disebabkan tabungnya maupun aksesori pendukung kompor gas seperti regulator. Regulator berfungsi  menyalurkan gas dari tabung ke kompor gas. Area inilah yang kerap timbul kebocoran, akibat seal yang kendor dan kunci regulator yang aus. Keausan ini menyebabkan regulator pada ujung tabung tidak mengunci dengan baik. Jika digerakkan , regulator sedikit bergerak. Bisa juga terjadi pada selangnya, penyebabnya karena kualitas yang buruk, digigit tikus maupun usia selangnya yang sudah getas atau rapuh.

Ciri Regulator Berkualitas

Resiko kebocoran dapat dihindari dengan pemilihan regulator berkualitas. Regulator  yang baik terbuat dari bahan yang tahan lama dan memenuhi standar . kualitas regulator ditentukan dari kemampuannya menyalurkan dan mengatur tekanan aliran gas agar stabil. Regulator yang baik terbuat dari bahan kuningan yang kuat, tahan lama, dan antikarat. Di dalam r egulator dilengkapi stopper (pengaman). Stopper ini terdapat pad 3 bagian, yaitu mulut tabung gas, dudukan regulator, dan mulut out-flow regulator.

Stopper pertama berupa seal yang berfungsi menutup celah antara mulut tabung gas dan regulator. Seal dapat digunakan berulang kali saat penggantian tabung gas. Seal pada stopper kedua berfungsi menutup sisa celah yang ada pada saat regulator diputar. Pengamanan diperkuat Ball Bearing pada stopper ketiga yang mampu menutup jalur gas bila terjadi kebocoran. Ketiga stopper ini mampu memperbaiki kekurangan pada mulut tabung dan seal standar.

4 hal yang harus dihindari dalam hal pemakaian regulator:

  1. Regulator gas tak layak pakai. Gunakan regulator berlogo SNI 7369:2007 dengan cetak timbul
  2. Pemasangan secara paksa pada mulut tabung gas. Dapat berakibar rusaknya regulator yang berpotensi gas bocor/
  3. Penggunaan regulator yang sudah kendur tidak terikat sempurna. Daya tahan regulator berkisar antara satu hingga dua tahun. Namun jika sebelum setahun regulator sudah kendur, cepat ganti yang baru.
  4. Pemasangan pada tabung tanpa ada cicin karet di mulut tabung gas. Karet cicin ini berfungsi sebagai pengikat antara tabung dan regulator, sekaligus pencegah bocornya gas dari celah pertemuan tabung dengan regulator.

Selain itu ada beberapa bagian dari regulator yang perlu Anda perhatikan, dan bagaimana cara pengoperasiannya.

Penghubung selang: mocong regulator ini berfungsi sebagai penghubung ke selang kompor. Agar terpasang kuat, moncong diberi ikatan yang berupa klem.

Klep: Alat kontrol mulut regulator untuk membuka dan mengunci regulator ketika terpasang pada tabung. Saat memasangnya, putar klep 90  searah jarum jam. Jika sudah terpasang putar ke arah sebaliknya.

Valve Regulator: Berfungsi sebagai penghubung dengan tabung gas. Batang bagian tengah untuk membuka pintu gas di mulut tabung.

Kualitas Selang

Selang gas setidaknya memiliki tiga lapisan. Lapisan pertama mampu menahan tekanan tinggi di atas standar SNI 290 psi. Gas merupakan zat yang memiliki massa dan tekanan. Lapisan kedua terbuat dari reinforced woven polyester fiber. Lapisan ketiga merupakan lapisan yang tahan panas dan anti getas. Selain itu terdapat pelindung dari metal galvanized yang melindungi selang dari kebocoran dan gigitan tikus. Ada baiknya regulator dan selang harus diganti secara periodik 1-3 tahun sekali, tergantung pada pemakaiannya.

 Tips Jika Bau Gas Tercium di Dapur

  1. Apabila di Dapur mencium bau gas, jangan menyalakan kompor
  2. Padamkan semua hal yang menyangkut api seperti kompor, korek api, lampu penerangan , lampu senter bahkan saklar listrik
  3. Lepaskan regulator dari lubang tabung agar klep atau katup tabung tertutup secara otomatis
  4. Buka jendela dan pintu lebar-lebar agar udara di dapur berputar. Gunakan kardus atau kipas tangan untuk membantu menetralkan gas agar segera hilang
  5. Prlu diketahui ga yang bocor selalu berada di area bawah, tidak melebihi lutut orang dewasa. Ini disebabkan berat jenisnya lebih berat dari udara., terkadang gas mengandap di permukaan lantai
  6. Biarkan dapur tidak digunakan sementara sampai benar-benar tidak tercium bau gas.

Ada tips mudah untuk mengecek apakah selam kompor gas kita mengalami kebocoran atau tidak. Campurkan 1 sendok makan sabun cuci piring cair dan setengah gelas belimbing air. oleskan larutan yangtelah dibuat pada seluruh permukaan selang.Dengan cara inilah Anda bisa melihat pada titik selang yang bocor akan terlihat mengeluarkan gelembung udara.

Referensi : Bintang Home edisi 277 Idea Online

Judul Artikel : Tips Memilih Regulator Gas Berkualitas

adsense-fallback