Tips Memilih Rumah Bekas atau Seken

adsense-fallback

Rumah Pantura – Membeli rumah seperti mencari jodoh, susah-susah gampang. Jika belum cocok dengan rumah baru, tak ada salahnya jika Anda coba survei rumah bekas atau seken. Asal tahu triknya, rumah seken boleh jadi masih layak untuk dipilih. Berikut beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan.

Riwayat dan Usia Bangunan

Jangan lupa tanyakan usia bangunan. Semakin tua usia bangunan, berarti kualitasnya semakin menurun. Ini berarti Anda harus menyiapkan anggaran lebih untuk renovasi rumah. Tanyakan juga riwayat bangunan itu. Selidiki apakah sebelumnya pernah terjadi sengketa atau kasus kriminal

adsense-fallback

Kondisi Fisik Bangunan

Periksa kondisi bangunan dengan jeli. Ada baiknya Anda mengajak ahli bangunan yang lebih paham. Perhatikan mulai dari struktur hingga material finishingnya. Cek kapan terakhir kali terjadi kerusakan, dan kapan direnovasi. Kejelasan ini membantu Anda untuk memutuskan pilihan membeli atau meninggalkan rumah itu.

Harga Tanah dan Bangunan

Cari tahu harga tanah dan bangunan di kawasan itu. Tanyakan pada warga sekitar yang sudah lebih dahulu tinggal. Atau, Anda bisa pula menanyakan harga tanah ke BPN setempat. Informasi ini akan menjadi bekal Anda untuk melakukan penawaran harga rumah.

Kelengkapan Dokumen

Periksa sertifikat rumah, surat IMB hingga bukti PBB sepuluh tahun terakhir. Lakukan cek dan cek ulang. Jika ada kejanggalan , Anda sebaiknya bertanya ke notaris. Meski terlihat sepele, kelengkapan surat akan mempengaruhi harga jual. Surat yang lengkap membuat Anda yakin dan mudah untuk mengurus keperluan yang berkaitan dengan bank.

Broker yang terpercaya

Rumah seken identik dengan broker atau perantara. Umumnya membeli langsung dari pemilik memang cenderung lebih murah. Ini karena pemilik tidak harus memberikan komisi ke broker. Tapi jika Anda harus membeli dari broker, pilih broker yang terpercaya dan memiliki kredibilits baik. Keuntungannya mereka akan membantu mengurus dokumen jual beli.

Semoga dengan tips di atas akan membantu Anda ketika akan membeli rumah seken yang sesuai harapan.

Tips Memilih Rumah Bekas atau Seken

adsense-fallback