Tips Memilih Ubin Granit / Granite Tile

adsense-fallback

Tips Memilih Ubin Granit / Granite Tile

Kenapa Pilih Granite Tile Untuk Penutup Lantai Dan Dinding?

Ubin granit yang sering dikenal juga dengan istilah granite tile atau porcelain tile adalah salah satu bahan penutup lantai dan dinding bangunan yang saat ini sedang menjadi trend dan terus berkembang penggunaannya di sektor properti. Salah satu penyebab perkembangannya adalah tingkat konsumtif yang tinggi untuk menjadikan ubin granit sebagai daya tarik pada ruangan suatu bangunan. Berikut adalah informasi karakteristik produk ubin granit yang menjadikannya lebih unggul sehingga mampu menggeser jenis ubin lainnya yang sudah ada lebih dulu.

adsense-fallback

Keunggulan utama ubin granit adalah kekuatan pada bodi yang memiliki ketahanan terhadap beban tekan mencapai 400 kg/cm² sehingga bisa juga diaplikasikan di area atau ruangan yang membutuhkan aktifitas heavy duty. Daya serap air yang sangat rendah yaitu maksimal 0.05% membuat ubin granit bisa segera langsung diaplikasikan pada lantai dan dinding tanpa perlu harus menunggu direndam dulu seperti halnya perlakuan pada ubin keramik. Secara tampilan fisik ubin granit mempunyai keunggulan dari aspek teknis maupun aspek estetika. Bentuk rectified size pada granite tile menghasilkan tingkat presisi ukuran yang tinggi sehingga memudahkan pemasangan dengan jarak nat minimal 2-3 mm. Proses pemolesan (polished) pada permukaan ubin granit membuat tingkat kerataan dan tingkat kekilapan permukaannya lebih tinggi bila dibanding dengan produk ubin dengan permukaan lapis glazur. Aplikasi teknologi Nano pada ubin granit polished akan membuat permukaannya menjadi lebih kilap dan lebih tahan noda.

Melalui inovasi dan teknologi tinggi dari produsen Indonesia saat ini sudah bisa membuat ubin granit yang disain dan motifnya hampir sama dengan motif marmer dan batu alam. Sebagai alternatif pengganti penutup lantai dan dinding dari bahan kayu saat ini sudah ada ubin granit dengan warna, motif dan tekstur permukaan seperti kayu alami. Keragaman jenis ubin granit juga bisa dilihat dari varian permukaannya seperti polished, unpolished, half-polished (lappato), matt, satin dan rock surface yang lebih tahan gores. Ketahanan permukaan terhadap gores menjadikan perawatan dan pemeliharaan ubin granit tidak membutuhkan biaya yang tinggi bila dibanding marmer atau granit yang harus selalu dipoles ulang secara berkala. Pembersihan rutin setiap hari cukup dengan air bersih saja dan tidak perlu khawatir dengan akan tumbuhnya jamur atau pun lumut. Perawatan ubin granit dengan motif kayu alami juga sangat mudah karena tidak perlu lagi takut rusak oleh rayap seperti yang sering dialami oleh bahan kayu alami.

Hal terakhir yang penting dan perlu diperhatikan adalah jangan memilih ubin granit hanya karena melihat harganya yang murah tapi perhatikan juga kualitas dan jaminan ketersediaan serta kontinuitas produk yang biasanya hanya bisa diberikan dan dipenuhi oleh produsen granite tile Indonesia yang memiliki kapasitas produksi besar dan sudah mempunyai sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). (Majalah Rumah123)

Judul Artikel : Tips Memilih Ubin Granit / Granite Tile

adsense-fallback