Tips Memilih Warna Dinding Ruangan

adsense-fallback

Tips Memilih Warna Dinding Ruangan

Rumah Pantura – Mahakarya terbaik pada awalnya hanyalah pigmen di atas palet. Tak hanya dengan karya lukis para seniman terkenal, ungkapan ini pun berkaitan erat dengan dinding rumah Anda. Setitik warna yang Anda pilih, juga warna-warna berikutnya, akan menciptakan suasana yang lekat dalam sebuah ruangan.

Ada aura magis, tersimpan dalam sebuah warna, yang dapat mempengaruhi psikologi seorang demikian rupa. Karakter seorang anak dapat terbentuk  lewat pemilihan warna dalam ruang.

adsense-fallback

Selain itu, warna menjadi penentu suasana di dalam ruangan. Warna yang salah dapat menimbulkan ketidaknyamanan, emosi yang buruk, juga kegalauan. Sedangkan warna yang benar dapat menimbulkan kehangatan, ketentraman, keceriaan, atau suasana lainnya yang diharapkan.

Pemilihan warna pun dapat menciptakan citra dalam diri penghuni. Apakah ia akan dipandang sebagai orang yang dingin, hangat , glamor, atau sederhana. Semuanya dapat tercermin lewat suasana rumahnya.

Begitu juga dengan fungsi ruang yang ingin ditonjolkan, idealnya harus selaras juga dengan karakteristik warna yang digunakan. Untuk poin terakhir in,  Pada dasarnya tak ada pakem khusus dalam memilih warna. Mudahnya, kita dapat menyelaraskan karakteristik warna dengan fungsi ruang.

“The greatest masterpieces were once only pigments on a palette. “ (Henry S. Hoskins)

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dan mengombinasikan warna sesuai fungsi ruang:

Dapur

Warna kuat cocok diterapkan di dapur mungil sekalipun, namun harus disandingkan dengan material metalik atau mengkilap. Untuk menciptakan kesan lebar, 2 atau 2 warna dominan bisa digunakan untuk area dinding dapur.

Ruang Keluarga

Sebagai area relaksasi ruang ini harus hangat dan mengundang. Disinilah warna bernuansa hangat seharusnya diaplikasikan. Sebagai penyeimbang, warna dingin dapat digunakan sebagai aksen . sebaliknya , jika ruangan terkesan dingin berikan sentuhan warna hangat.

Ruang Tidur Utama

Warna dingin seperti biru, hijau dan violet menciptakan kesan tenang dan damai. Hal ini membuat warna-warni ini paling populer digunakan sebagai warna dinding ruang tidur. Peletakan lukisan yang digantung dikedua sisi ranjang dan lukisan lain di atasnya, posisinya memberikan kesan lebih lebar.

Ruang Tidur Anak

Warna dinding ruang tidur anak harus memberi suasana yang seimbang antara ketenangan dan stimulus. Gunakan kombinasi warna primer dan warna pastel dalam berbagai elemen. Misalnya warna pastel untuk dinding dan warna primer untuk furnitur.

Ruang Makan

Warna primer yang dikombinaskan dengan warna disekitarnya dalam roda warna, cocok digunakan di ruang makan untuk menciptakan suasana yang dinamis. Jika warna dinding cerah dan ramai, gunakan warna putih atau pucat untuk warna furnitur. Agar selaras, pilihan warna bisa yang mendekati warna ruang keluarga. (Serial Rumah)

Judul Artikel : Tips Memilih Warna Dinding Ruangan

adsense-fallback