Tips Memperbaiki Cat Yang Mengelupas

adsense-fallback

Tips Memperbaiki Cat Yang Mengelupas

 Rumah Pantura – Penyebab cat dinding mengelupas macam-macam. Yang paling mendasar adalah umur cat yang sudah lama (mengapur) sehingga daya lekatnya berkurang. Pengecatan ulang yang keliru dengan bahan lain berdampak pada lapisan cat tidak dapat saling melekat. Misalnya, cat waterbased di atas minyak.

Mungkin Anda berpikir, bisakah cat lama dilabur ulang dengan cat baru? Anda dapat melakukan tes sederhana dengan menyiram air bersih ke dinding. Apabila air terserap disertai perubahan warna , berarti cat lama tidak layak ditimpa. Terlebih lagi jika ada beberapa bagian cat menggelembung bahkan mengelupas. Tak ada cara lain selain memperbaikinya.

adsense-fallback

Inilah cara praktis mengatasi dinding yang kusam dan berjamur. Berikut tip untuk Anda :

Kupas Habis Seluruh Cat Lama Yang Ada.

Cat dinding yang sudah mengelupas harus dibuang habis agar cat baru dapat melekat masimal pada tembok sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pengecatan ulang tidak percuma.

Gunakan solvent pengupas cat dibantu scrapper. Solvent ini akan menguap dan tidak tersisa di pori-pori tembok. Hindari menggunakan bahan cairan kimia paint remover sebab jika tersisa dalam pori-pori tembok dapat menimbulkan bercak-bercak hitam pada cat.

Ampelas Sisa Cat Lama

Bersihkan cat lama dengan ampelas. Pastikan sisanya tidak berbekas. Setelah itu, Anda perlu mencuci dengan air bersih. Lalu biarkan kering 1-2 hari. Anda harus perhatikan betul kekeringan dinding/cat, karena kadar air dapat menjadi masalah yang membuat pengecatan Anda tidak sempurna bahkan gagal.

Aplikasikan Cat Dasar

Anda dapat menggunakan cat dasar Alkali Resisting Primer tanpa pengenceran, 1 lapis saja. Biarkan kering minimal 2 jam.

Cat dasar berfungsi untuk memaksimalkan daya lekat cat karena kekentalannya rendah, ia dapat menyerap ke pori-pori tembok meskipun tanpa diencerkan.

Fungsi lainnya adalah menahan serangan alkali keluar dari dalam tembok. Penyebabnya adalah air, yang melarutkan alkali semen pembentuk tembok pasangan bata, plesteran, maupun acian. Air bisa berasal dari sisa saat pembuatan tembok baru atau kebocoran dak/atap.

Aplikasikan Cat Akhir

Jenisnya boleh apa saja. Yang penting cat tersebut sesuai dengan pengenceran 10-20% , dua hingga tiga lapis. Selang waktu pengecatan miinimal 2 jam. Biarkan kering. Anda pun dapat memiliki tembok dengan tampilan cat baru.

Judul Artikel :  Tips Memperbaiki Cat Yang Mengelupas

adsense-fallback