Tips Memperbaiki Engsel Pintu Macet

adsense-fallback

Tips Memperbaiki Engsel Pintu Macet

Ketika baru dipasang, pintu akan dengan lancarnya dibuka-tutup. Seiring dengan berjalannya waktu, debu dan kotoran akan melekat ke dalam engsel. Lama-lama engsel macet. Pelumas tidak lagi berfungsi dengan baik karena tertutup dengan partikel-partikel tersebut. Atau mungkin tidak lagi tersisa pelumas pada engsel pintu.

Ketika dua potongan logam bergesekan dengan pin di dalam silinder engsel, dan pelumas telah kering, maka timbullah bunyi berdecit.sama halnya saat batang kapur digesekan pad permukaan papan tulis. Dua permukaan yang kasar dan kering akan menghasilkan bunyi gesekan. Lalu yang Anda butuhkan adalah sesuatu yang dapat membasahi dan melicinkan dua benda kering yang bersentuhan tersebut.

adsense-fallback

Untuk menghilangkan bunyi pada pintu Anda hanya butuh pelumas. Selain melicinkan, pelumas juga menghiangkan noda yang melekat sehingga pintu dapat membuka-tutup dengan mudah. Cara perbaikan dan pelumas yang tepat tentuanya akan memberikan hasil yang memuaskan. Bagi  Anda yang memiliki masalah pada pintu berengsel  kupu-kupu, simaklah tips berikut :

Keluarkan Pin dari Lubang Engsel

Tempatkan obeng bermata datar pada celah antara engsel dan kepal a sekrup pin. Pukul pangkal obeng dengan palu hingga sekrup tercongkel ke luar. Lakukan pada sisi lainnya hingga pin telah dikeluarkan dari lubang engsel.

Lumasi Lubang Pin

Setelah pin dikeluarkan, bersihkan bagian dalam lubang dengan kain lalu lubrikaksi dengan pelumas grafit atau minyak mesin  jahit.

Bersihkan dan lumuri pin dengan minyak

Lap pin dengan kain, lalu lumuri dengan minyak tersebut di atas. Ganti pin engsel bila menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti  aus atau telah sangat berkarat. Namun jika karat tidak terlalu parah, Anda dapat merendamnya beberapa menit di dalam cuka putih. Karat akan luruh (walau mungkin tidak seluruhnya). Keluarkan, bersihkan dengan lap, lalu lumuri dengan pelumas. Apabila Anda mengganti pin dengan yang baru, jangan lupa untuk tetap melumasinya juga.

Pasang kembali pin ke lubang engsel

Masukkan kembali elemen-elemen yang telah dibongkar sesuai urutan mekanisme pemasangan. Pukul pin serta sekrup penutupnya dengan palu agar dapat masuk dan terpasang kencang di dalam lubang engsel.

Kencangkan Sekrup pada kaki Engsel

Selain membenahi pin engsel, perbaiki pula sekrup-sekruo yang ada pada kaki engsel. Cari obeng minus atau kembang yang sesuai dengan sekrup yang terpasang lalu kencangkan. Jika Anda tidak yakin, lepas sekrup lalu pasang dan kencangkan kembali.

Besihkan Engsel

Setelah semua dicek dan dipasang  kembali, bersihkan keseluruhan engsel Anda, lumuri dengan pelumas. Pastikan engsel Anda masih bagus, tidak berkarat banyak. Lakukan pada seluruh engsel pintu tersebut. Coba kembali membuka –tutup pintu Anda. (Tabloid Renovasi)

Judul Artikel : Tips Memperbaiki Engsel Pintu Macet

adsense-fallback