Tips Menata kamar Tidur Sempit

adsense-fallback

Tips Menata kamar Tidur Sempit

Kamar tidur adalah ruang yang sangat pribadi. Berbeda dengan ruang tamu atau ruang makan yang dirancang untuk dinikmati keluarga dan tamu, kamar tidur justru tidak perlu demikian. Atas hal itu, Anda bisa memilih warna sesuka hati atau mendesain lemamri pakaian favorit Anda untuk menyenangkan diri sendiri.

Jika ukuran kamar cukup besar, Anda bisa menempatkan berbagai macam furnitur tanpa harus merasa kesulitan. Misalnya, lemari pakaian berukuran ganda, meja kerja, dan lain-lain. Akan tetapi, jika kamar tidur Anda kecil, diperlukan pendekatan yan istimewa dalam menata kamar tidur.

adsense-fallback

Prioritaskan Kebutuhan

Prinsip kamar  tidur yang baik sebaiknya hanya digunakan untuk tidur saja. Bukan untuk kegiatan yang lainnya. Jangan menempatkan meja kerja, jangan pula ada rak buku atau area belajar di dalamnya. Prinsip ini, sebenarnya bertujuan menciptakan ketenangan bagi tidur Anda.

Walau agak ekstrim, memang prinsip ini bisa Anda jadikan mindset dalam menata kamar tidur yang sempit. Utamakan “sentra tidur” di atas kebutuhan yan lain. Untuk mencapainya, tentu saja Anda perlu mendaftar benda apa saja yang sebenarnya benar-benar Anda butuhkan di dalam kamar tidur.

Perabotan paling vital di kamar adalah ranjang yang dapat menyita sebagian besar area lantai. Ranjang berukuran king size pastinya menjadi idaman. Namun begitu sebaiknya Anda tentukan kebutuhan dan luasan yang ada. Bila Anda masih lajang, mungkin ranjang berukuran single lebih praktis.

Selain itu, hal vital selanjutnya adalah tempat penyimpanan yang baik. Kebanyakan orang lebih suka menyimpan pakaian di kamar tidur. Tempat menyimpan pakaian seringkali memakan space cukup banyak. Anda akan membutuhkan gantungan dan laci. Bentuknya boleh bervariasi. Mulai dari lemari pakaian sepanjang dinding sampai armoire (rak) kecil dengan laci-laci untuk menyimpan pakaian lipat. Sebaiknya disisakan juga tempat untuk lampu baca, buku, jam/radio dan kebutuhan malam lainnya.

Taruh juga sebuah kursi jika masih ada ruang. Kursi ini bukan saja berguna untuk duduk, tetapi juga merupakan alternatif  yang baik untuk menyampirkan pakaian atau buku kecil ketik sedang terburu-buru, yang mungkin lebih baik daripada menempatkannya di lantai.

baca jug : Menata Kamar Mandi Mungil Jadi Menarik

Tips Menata kamar Tidur Sempit

Setelah kebutuhan dan alokaksi perabot ditetapkan, kini Anda harus mengakali bagaimana agar kamar Anda bisa menampung barang-barang. Terutama bagi kaum wanita yang hobi mengoleksi sepatu dan pakaian. Berikut tipsnya.

Ranjang Pintar

  • Pilih ranjang yang memiliki tempat penyimpanan built in. Baik berupa rak di headboard, r ak terbuka di sisi dipan, maupun laci-laci yang bisa ditarik keluar.
  • Jika cukup ruangan, Anda bisa saja membangun kanopi di atas ranjang. Kanopi bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan tambahan.
  • Jika jarak plafon kamar tinggi, pertimbangkan untuk menempatkan ranjang tingkat yang bisa dicapai dengan tangga. Metode ini memberikan Anda ruang bebas di kolong tempat tidur yang bisa digunakan untuk fungsi lain. Namun, pastikan bahwa posisi ranjang tidak dekat jendela.
  • Secara visula ranjang yan rendah akan kelihatan tidak terlalu besar di dalam ruang yang kecil. Cek kebutuhan sebelum membangunnya di kamar Anda.

Lemari pakaian Ringkas

  • Bila pintu swing (ayun) lemari menganggu sirkulasi ruang antara lemari dan tempat tidur, gunakan pintu geser/pintu lipat atau pasangkan kerai/vitrase untuk menggantikan pintu.
  • Bagi-bagilah interior lemari dengan hati-hati, sesuai kebutuhan Anda. Rak gantung, laci, dan kantong sepatu semuanya bisa digabungkan. Gunakan sistem rak dengan siku dan ambalan taruh yang bisa disesuaikan tinggi dan posisinya sehingga Anda bisa mengubah penataannya.
  • Jika lemari terlalu kecil untuk menggantung secara menyamping, arahkan rel gantung dari belakang ke depan. Selain itu, manfaatkan ceruk alcove sisa sebagai lemari gantung.

Mengatasi Ruang Terbatas

  • Jika pintu utama menghalangi tempat tidur, lemari, atau perabotan lain di dalam kamar, gantilah pintu menjadi pintu geser atau balik arah buka pintu menjadi ke arah luar.
  • Ingatlah untuk memberikan unsur-unsur yang bisa memantulkan cahaya di dalam kamar. Seperti cermin, kain-kain berbahan sutera dan satin, furnitur berbingkai metal, atau panel-panel kayu di dinding yang diberi finishing mengilap. Kamar akan lebih lega dan berseri.
  • Gunakan kerai gulung penghalau cahaya, bukan gorden yang tebal dan berat. Padukan dengan tirai berbahan kain tipis untuk memperlembut tampilan dan menjadikan ruang terkesan lebih ringan.
  • Manfaatkanlah sudut-sudut aneh dengan meja rias sudut yang bisa dilebarkan dan memiliki laci bila tersedia tempat memadai.
  • Deretan laci rendah bisa merangkap sebagai meja rias atau meja sisi sehingga sebuah unit furnitur bisa memiliki fungsi ganda.

Baca Juga Artikel Menarik INI : Warna Ceria Untuk Kamar Tidur

Selamat mencoba!

adsense-fallback