Tips Mengatasi Debu Di Rumah

adsense-fallback

Tips Mengatasi Debu Di Rumah

Debu merupakan partikel-partikel mikro di udara yang  cukup mengganggu. Partikel tersebut begitu halus sehingga  tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Kondisi rumah yang berdebu tidaklah menyehatkan bagi penghuninya karena dengan banyaknya debu di dalam rumah akan menurunkan kualitas udara menjadi buruk hal ini akan berakibat pada timbulnya berbagai macam masalah kesehatan seperti asma, alergi dan COPD (Penyakit paru obstruktif kronis). Disamping itu secara kasat mata akan membuat tampilan perabot rumah terkesan jorok dan tidak enak dipandang mata serta menimbulkan bau tidak sedap.

Baca : Tips Menjadikan Rumah Bebas Debu

adsense-fallback

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sendiri guna membersih

Tips Mengatasi Debu di Rumah

kan rumah dari debu dan mencegah tumpukan debu di dalam rumah baik menggunakan alat elektronik untuk penyedot debu maupun  menggunakan kemoceng.

Kemoceng adalah alat sederhana yang bisa membantu Anda untuk menyingkirkan debu di rumah. Kemoceng merupakan benda penting yang perlu ada di setiap rumah. Berdasarkan bahannya kemoceng terdiri atas beberapa jenis, seperti kemoceng bulu ayam, kemoceng microfiber, dan kemoceng elektrik. Kemoceng berbahan microfiber terbuat dari rumbai-rumbai kain microfiber yang sanagat efektif untuk menarik debu. Sedangkan kemoceng jenis elektrik memiliki daya yang lebih kuat untuk menarik partikel-partikel debu.

Untuk menghilangkan debu di rumah, setidaknya Anda perlu meluangkan waktu sekali dalam seminggu agar debu-debu tidak menumpuk lebih lama di perabot. Hal yang perlu diperhatikan ketika akan membersihkan debu di dalam rumah adalah terlebih dahulu untuk membersihkan bagian bagian rumah yang lebih tinggi dahulu baru kemudian pindah kebagian yang lebih rendah sehingga Anda tidak akan mengulangi pekerjaan dan hasil akan lebih maksimal. Jangan lupa gunakan masker untuk menghindari terhirupnya debu oleh Anda.

Beda Perabot, Beda Alat untuk membersihkan debunya

Untuk mendapatkan hasil maksimal saat Anda membersihkan perabot dari debu, perlu kiranya anda memperhatikan karakteristik/bahan perabot yang akan dibersihkan. Berikut tipsnya sepert dikutip dari cleanipedia.com :

  1. Untuk perabot rumah berbahan kain seperti gorden ,bantalan sofa atau bantalan kursi, sebaiknya gunakan mesin penyedot debu dengan kekuatan sedang dan ujung berbulu.
  2. Untuk perabot berbahan keras/kayu seperti lemari, bufet, dan lainnya, gunakan kain lembap daripada menggunakan kain kering karena kain keraing hanya akan memindahkan debu saja tidak menghilangkannya. Anda juga bisa menggunakan kemoceng bulu ayam/kasuari yang memiliki daya tarik debu lebih baik sebagai alternatifnya. Bulu kemoceng memiliki kelebihan yakni menarik debu tanpa menebarkannya kembali ke udara.
  3. Untuk membersihkan debu di dinding, gunakanlah spons kering .Kemoceng microfiber juga bisa dijadikan alternatif  untuk menjangkau dinding bagian atas. Sedangkan kain microfiber dan produk pembersih kayu bisa dipakai untuk mengelap kayu lis yang membatasi dinding dan lantai.
  4. Gunakan pel kering untuk membersihkan lantai. Cara ini lebih efektif daripada menggunakan sapu yang bisa menyebabkan debu berterbangan kembali. Kemudian dilanjutkan dengan pel basah
  5. Gunakan kemoceng elektrik atau udara penyemprot untuk membersihkan debu dibagian-bagian yang sulit dibersihkan. Jika tidak ada kemoceng elektrik Anda bisa juga menggunakan kemoceng bulu.
  6. Jangan semprotkan cairan pembersih pada layar televisi dan komputer. Lap kering dapat menetralisir listrik statis, sehingga akan menjadi pilihan yang baik untuk membersihkan layar peranti elektronik.
  7. Untuk membersihkan karpet gunakan mesin pengisap debu. Lakukan langkah Pembersihan karpet ini dibagian terakhir ketika seluruh perabot dan bagian rumah sudah bersih
  8. Beri wewangian/pengharum sesuai selera Anda.
  9. Bukalah jendela rumah agar sirkulasi udara di dalam rumah menjadi bersih. Lakukan jika kondisi di luar rumah tidak sedang dalam keadaan berdebu.
  10. Rawat filter AC dan ventilasi secara teratur dan gunakan penyedot debu untuk membersihkan debu yang ada.
  11. Gantilah sprei seminggu sekali agar kebersihan tetap terjamin.
  12. Pastikan keset terpasang di depan rumah, karena alas kaki adalah sumber debu yang sering ada di dalam rumah
  13. Perhatikan kebersihan

Demikian beberapa kiat yang bisa Anda praktekan untuk membersihkan perabot rumah dari debu (Tips Mengatasi Debu Di Rumah)

adsense-fallback