Tips Menghitung Biaya Renovasi Rumah

adsense-fallback

Menghitung Biaya Renovasi Rumah

Setelah pertimbangan untuk menentukan bagian yang akan direnovasi, desain dan layout. Barulah kita masuk pada tahap pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Menghitung RAB renovasi merupakan salah satu cara agar  anggaran tidak membengkak. Cara ini bisa dilakukan sendiri dengan perhitungan yang sederhana atau dengan perhitungan detail seperti yang dibuat konsultan.

Menghitung RAB sendiri atau Konsultan

adsense-fallback

Jika Anda termasuk orang yang detail, merancang RAB bisa jadi tantangan sendiri. Terlebih Anda sangat menyukai desain atau pekerjaan yang berkaitan dengan membangun rumah. Dengan menghitung RAB renovasi, setidaknya kita mendapat gambaran berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan. Komponen yang ada dalam RAB seperti biaya pekerjaan persiapan, biaya pekerjaan struktur, biaya pekerjaan arsitektur, dan biaya pekerjaan mekanikal-elektrikal.

Untuk menghitung sendiri RAB, kita bisa menggunakan perhiitungan yang sederhana. Artinya komponen-komponen yang detail dikalkulasi menjadi satu dan dihitung berdasarkan nilai biaya di lapangan. Biaya ini merupakan biaya yang umum dan berlaku di suatu daerah. Karena tiap daerah pastinya memiliki nilai harga yang berbeda, baik itu jasa tukang, material dan lainnya. Misal biaya renovasi dihitung berdasarkan luas (m2) dikalikan biaya di pasaran. Contohnya per m2 dikenakan biaya Rp. 1,5 juta. Jika kita merenovasi menambah kamar tidur dengan ukuran 4 m x 4 m dan berada disamping atau belakang , cukup kalikan 4 m x 4 m = 16 m2 dikalikan kembali Rp. 1,5 juta. Biaya perkiraannya menjadi Rp. 24 juta. Biaya ini belum termasuk bongkar bangunan atas limbah yang dihasilkan dari renovasi.

Perhitungan yang lebih detail juga bisa dilakukan sendiri. Hanya saja dibutuhkan waktu yang lebih lama dan ketelitian yang lebih cermat. Semua komponen dipaparkan secara detail mulai dari tahapan pekerjaan persiapan, pekerjaan struktur, arsitektur dan mekanikal-elektrikal. Keuntungan cara ini ketetapan dalam nilai biaya menjadi lebih baik, karena harga bisa dilihat langsung dipasaran. Misal harga semen, batu bata, cat, pasir, biaya tukang, besi, dan lainnya bisa didapat langsung. Namun, apabila waktu Anda terbatas, manfaatkan jasa konsultan untuk mempermudah perhitungan RAB. Konsultan akan memaparkan lebih detail dan mendekati ketepatan. Kita juga bisa menentukan sendiri material yang akan kita gunakan, misal menggunakan semen A, Keramik B, cat dinding atau wallpaper, merk kunci, dan seterusnya. (Bintang Home Edisi 277)

Judul Artikel : Tips Menghitung Biaya Renovasi Rumah

adsense-fallback