Tips Menjaga Karpet Tetap Bersih

Tips Menjaga Karpet Tetap Bersih

Karpet, benda satu ini kerap hadir di ruang keluarga. Selain menambah kenyamanan, juga mempercantik tampilan ruang. Namun, sebagai ruang yang sering menjadi tempat kumpul banyak orang, karpet rawan ternoda. Debu dan kotoran yang melekat padanya tak jarang menimbulkan alergi atau gangguan kesehatan lainnya.

Berikut beberapa tips menjaga kebersihan dan kecantikan karpet.

adsense-fallback

Membersihkan Noda

Jika karpet tertumpah serbuk, misalnya kopi segeralah bersihkan menggunakan vacuum cleaner. Penggunaan sapu akan membuat serbuk dan debu karpet beterbangan. Jika karpet kena noda cairan, misalnya sirup, taburkanlah air sabun lalu remas-remas sesaat hingga noda hilang lalu bersihkan dengan lap kering.

Ubah Posisi

Gantilah posisi karpet 2-3 bulan sekali. Maksudnya, putar posisi karpet yang sering diinjak dengan posisi yang jarang diinjak. Perhatikan juga posisinya terhadap jendela atau sinar matahari. Perubahan posisi ini mengurangi risiko karpet memudar warnanya.

Menghilangkan Bau

Jika karpet berbau apek, taburkan sedikit baking soda ke atas karpet. Tunggu 30 menit, kemudian bersihkan dengan menggunakan penghisap debu. Bau apek akan lenyap terserap baking soda.

Jika terdapat bau tajam di posisi tertentu, cucilah bagian tersebut dengan air bercampur cuka. Caranya, gunakan lap bersih yang telah dibasahi dengan larutan air cuka. Bersihkan secara perlahan-lahan,jangan digosok terlalu keras. Kemudian keringkan dengan hati-hati menggunakan kipas angin atau hairdryer secara pelan-pelan.

Gunakan Vacuum Cleaner

Gunakan vacuum cleaner atau alat penyedot debu untuk membersihkan karpet sebanyak 2-3 kali seminggu. Pastikan kantong kotoran di dalamnya telah kosong sehingga alat bisa menyedot debu dapat bekerja secara maksimal.

Mencuci Karpet

Cucilah karpet menggunakan sabun khusus untuk karpet, setidaknya 3- bulan sekali, tergantung tingkat kesibukan ruang tersebut. Jika kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk mencuci sendiri sebaiknya minta jasa pencucian karpet. Jika ada noda yang perlu dibersihkan secara khusus, tunjukkan kepada petugas binatu. (Puspita Dewi / tabloid serial rumah)

Judul Artikel : Tips Menjaga Karpet Tetap Bersih

adsense-fallback