Tips Rumah Aman Saat Mudik

Tips Rumah Aman Saat Mudik

Rumah yang kosong ditinggalkan saat mudik sangatlah riskan, potensi terjadinya pencurian dan kebakaran  selalu ada. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa kiat yang bisa Anda terapkan ketika berniat melakukan perjalanan mudik  sehingga menjadikan  Anda tenang berlebaran di kampung halaman.

Apa saja Tips Rumah Aman Saat Mudik?

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan sehingga mudik terasa tenang tanpa khawatir . berikut tips yang bisa anda lakukan untuk mengecoh atau menghindari calon pencuri yang akan beraksi di rumah/kamar kontrakan :

adsense-fallback
  1. Pastikan semua jendela dan pintu rumah telah terkunci dengan baik sebelum Anda meninggalkan rumah
  2. Beberapa lampu perlu Anda nyalakan untuk mengesankan bahwa ada penghuni di dalam rumah seperti kamar atau ruang tamu, jangan matikan semua lampu. Bisa juga gunakan lampu yang dilengkapi sensor cahaya. Lampu ini akan otomatis hidup pada sore hari dan mati di pagi hari.
  3. Cabut selang gas atau kompor dan cabut semua colokan yang digunakan untuk elektronik di rumah, pastikan bahwa semua kabel tidak ada yang menempel di stop kontak. Hal ini untuk menghindari resiko kebakaran.
  4. Anda juga dapat memasang CCTV untuk lebih mengoptimalkan pengamanan rumah apalagi sekarang dengan gadget Anda bisa memantau kondisi rumah dimanapun berada.
  5. Bawalah barang berharga Anda, jangan tinggalkan barang berharga dalam kondisi rumah kosong ditinggal mudik
  6. Simpan dokumen penting dan berharga Anda pada tempat yang aman.
  7. Jangan lupa lapor pada Ketua RT dan tetangga dekat yang dapat dipercaya berikan juga nomor telepon yang dapt dihubungi sewaktu-waktu
  8. Informasikan rencana mudik Anda kepada petugas keamanan di lingkungan Anda untuk mengontrol kondisi rumah Anda.
  9. Titipkan juga hewan kesayangan Anda ditempat penitipan hewan agar keselamatan dan jaminan kesehatan binatang terpelihara selama ditinggal mudik.
  10. Beritahukan kepada pihak agen baik koran, gas dan sebagainya untuk tidak mengirim pesanan Anda saat mudik.
  11. Jangan lupa bawalah oleh-oleh khas wilayah Anda ketika balik untuk orang-orang yang telah membantu mengamankan rumah Anda. Karena dengan hadiah ada rasa terima kasih dan Anda pun untuk lebaran tahun depannya bisa meminta tolong mereka kembali.

Demikian beberapa tips rumah aman saat mudik. Mudik tenang, rumahpun aman.

adsense-fallback