Yuk, Berkreasi Dengan Glass Painting

adsense-fallback

Yuk, Berkreasi Dengan Glass Painting

Jangan abaikan benda-benda dari gelas atau kaca di sekitar anda. Stoples, piring kaca, botol, gelas, wadah bumbu, vas bunga, dan wadah lainnya ternyata dapat Anda sulap menjadi karya seni lukisan kaca (glass painting) yang indah.

Seni dan kreatifitas memang tidak memiliki batasan. Mengekspresikan hobi bisa dituangkan dimana saja dan kapan saja. Mengubah yang biasa menjadi luar biasa untuk menghasilkan keunikan itu memang diperlukan ide cemerlang. Salah satunya sebuah hasil karya glass painting. Glass painting merupakan melukis dengan media kaca. Media pecah belah ini dapat menjadi pilihan untuk memulai inovasi baru.

adsense-fallback

Tentunya dalam menghasilkan karyanya membutuhkan jiwa seni tinggi bahkan dapat dijadikan lahan untuk berbisnis kerajinan tangan. Dalam pemilihan material kaca untuk media lukis diperlukan benda-benda yang terbuat dari kaca yang memiliki bentuk menarik, artistik, unik, dan tidak buram. Hal itu untuk mendukung tampilan glass painting. Media kaca yang biasa digunakan seperti gelas, piring, toples, botol bumbu, botol minuman, dan lain-lain.

Menurut Dyah Rachmalita, pemilik Lita Glass Painting dalam membuat glass painting memang harus memiliki ketelitian. “Bekal ketelitian tak cukup, juga perlu keahlian khusus dalam membuatnya,” ungkapnya.

Hal yang harus dilakukan dalam membuat glass painting. Pertama, buatlah pola yang ingin dilukis. Nah, untuk motifnya bisa beragam tergantung selera masing-masing. Setelah itu, digambarkan dengan menggunakan outliner. Untuk pemula bisa juga membuat/meniru pola pada kertas, lalu meletakkan kertas yang sudah bergambar pada sisi dalam gelas, selanjutnya kerangka gambar digelas bisa dibuat dengan mencontoh gambar yang ada.

Lalu, lakukan proses pengecatan atau pewarnaan sesuai komposisi dengan minimal tiga warna serta tambahkan pula warna emas agar lebih menonjolkan desain dan tampak eksklusif. Cat yang biasa digunakan adalah cat opaque coates (tidak transparan) dan cat transparent vetro. Cat dengan kualitas bagus dan warna-warna terang sehingga hasilnya pun akan lebih cerah dan memiliki nilai jual yang tinggi. Berikan sentuhan dengan kuas lembut sehingga hasil pewarnaan merata secara menyeluruh.

Dan langkah terakhir. Merupakan tahap pengeringan, yang dapat langsung dipanaskan di bawah sinar matahari ataupun di oven selama 20-30 menit. Agar cat benar-benar menempel.  Botol ataupun gelas cantik ini dapat dikreasikan kembali. Tidak cukup hanya menjadi pajangan. Agar menjadi seni terapan, maka dapat diaplikasikan ke dalam bentuk lampu cantik seperti standing lamp ataupun frame foto keluarga, keranjang, piring yang memiliki fungsi dan menambah artistik desain interior ruangan hunian,” ujar wanita yang membuka usahanya di kota Apel, Malang ini.  Dari sisi desain dan efek glass printing  memberikan kesan yang lebih dekoratif dan kreatif. Hasilnya pun akan terlihat lebih tajam dan jelas daripada melukis di atas kanvas. Setiap goresan dan garis memberikan kesan hidup karena permukaan terasa timbul. Sehingga keindahannyaya atau estetika ruangan terpancar keluar. Lukisan kaca dapat menjadi pesona tersendiri di setiap interior hunian Anda. (majalah rumah123)

Judul Artikel : Yuk, Berkreasi Dengan Glass Painting

adsense-fallback