Bagaimana Mengatasi Saluran yang Tersumbat dan Menghilangkan Bau

adsense-fallback

Bagaimana Mengatasi Saluran yang Tersumbat dan Menghilangkan Bau

Apakah Anda memiliki masalah saluran air yang tersumbat di kamar mandi atau di dapur Anda? Bacalah artikel ini untuk mengetahui cara untuk mengatasi saluran air yang tersumbat dan bau tak sedap!

Setiap keluarga menyadari pentingnya membuat bak cuci di dapur dan wastafel kamar mandi dalam keadaan bersih dan rapi. Area ini paling sering di gunakan sehari hari, sehingga memiliki kecenderungan untuk menjadi cepat kotor. Bak cuci di dapur sering digunakan untuk mencuci  panci, wajan, gelas dan peralatan perak, serta di wastafel kamar mandi banyak digunakan untuk membasuh muka, bercukur dan menyikat gigi.  Hal-hal tersebut memungkinkan Anda akan menghadapi masalah dengan saluran yang tersumbat. Saluran yang tersumbat sangat menjengkelkan – bisa menyebabkan banjir dan menimbulkan bau tak sedap – tetapi hal ini sebenarnya tidak sulit untuk di atasi.  Pada kenyataannya, mengatasi saluran yang tersumbat tidak rumit.

adsense-fallback

Bagaimana Mengatasi Saluran Air Yang Tersumbat

Beberapa produk bisa membantu pekerjaan Anda dengan cepat dan mudah:

1) Bahan Kimia Pembersih Saluran Air

Ada beberapa produk yang memang dibuat untuk pekerjaan ini. Pada saat dituang ke dalam saluran air yang tersumbat, cairan kimia akan bekerja untuk menghancurkan lemak dan kerak yang menyumbat. Produk tersebut mengandung bahan-bahan tertentu yang didisain untuk memusnahkan kuman yang menimbulkan bau tak sedap dari saluran yang tersumbat. Setelah produk pembersih saluran bekerja, sisa air di dalam bak cuci harus dibuang secara perlahan, sehingga bau tidak sedap yang ada akan hilang.

Sangat penting untuk mengikuti aturan pakai jika bekerja dengan produk pembersih yang keras – bukan hanya untuk kepentingan kesehatan dan keselamatan – tapi juga karena adanya berbagai jenis masalah saluran tersumbat sehingga membutuhkan solusi yang berbeda pula. Penyumbatan air di bak cuci di di dapur, misalnya, harus ditangani berbeda dengan penyumbatan yang terjadi di kamar mandi, dimana air masih bisa dikeringkan perlahan.

2) Pembersih Saluran Air yang Alami

Untuk alasan lingkungan dan keselamatan, banyak orang memilih untuk membersihkan saluran yang tersumbat dengan bahan-bahan alami, sebelum menggunakan bahan kimia. Metode yang sudah terbukti adalah sebagai berikut:

  • Pada wastafel yang kering, tuangkan 1 cangkir baking soda ke dalam saluran yang tersumbat, dan pastikan bubuk tersebut masuk ke dalam saluran air.
  • Selanjutnya, tuangkan 2 cangkir air mendidih ke dalamnya dan tunggu beberapa menit.
  • Tambahkan kembali secangkir baking soda ke dalam saluran air dan dilanjutkan dengan menuangkan secangkir cuka putih.
  • Sumbat saluran airnya. Nanti Anda akan melihat ada gelembung dan suara mendesis keluar dari saluran air. Jangan panik – ini justru pertanda bagus!
  • Setelah gelembung hilang, tambahkan 2 cangkir air mendidih

Ini adalah cara yang sangat baik untuk memastikan bak cuci atau wastafel Anda tidak tersumbat. Cobalah lakukan ini sebulan sekali untuk menghindari sumbatan yang tidak diinginkan.

Bagaimana Menghilangkan Bau Tak Sedap

Bau tak sedap adalah salah satu efek samping dari tersumbatnya saluran air. Dalam banyak kasus, tersumbatnya saluran air disebabkan oleh benda besar tersangkut atau menyumbat pipa saluran air. Benda ini kemudian membusuk dan bakteria berkembang biak, sehingga menimbulkan bau tak sedap.

Rajin membersihkan dapur dan kamar mandi adalah cara yang paling baik untuk menghindari adanya serpihan atau puing-puing kotoran yang tidak diinginkan.

Cara pembuangan sampah yang baik juga akan mengurangi bau tak sedap dan tentu saja kemungkinan tersumbatnya saluran air:

  • Di dapur, untuk membuang sisa minyak bekas memasak dan bungkus kertas bekas produk, gunakan tempat sampah ketimbang membuangnya  di bak cuci
  • Di kamar mandi, pertimbangkan untuk menggunakan saringan / filter pada saluran pembuangan untuk menghindari sumbatan akibat rambut yang rontok.

Judul Artikel : Bagaimana Mengatasi Saluran yang Tersumbat dan Menghilangkan Bau

(bersihbersih.com)

adsense-fallback