Tips Merawat Furnitur Kayu Agar Tetap Menarik

adsense-fallback

Tips Merawat Furnitur Kayu Agar Tetap Menarik

Perawatan Furniture minimalis dari Kayu

Mebel kayu banyak dipilih orang untuk perabot rumah. Selain kuat, mebel kayu juga menghadirkan kesan klasik, tradisional, atau hangat. Namun, karena usia, mebel kayu bisa berubah kusam dan tidak menarik lagi karena noda, cairan, kotoran, dan cuaca. Untuk itu perlu dirawat dengan tepat dan teratur.

Dengan perawatan yang baik, furnitur kayu akan tahan lama dan tampilan menarik. Sehingga, dekorasi ruang pun selalu enak dipandang. Berikut beberapa cara merawat furnitur kayu yang diambil dari beberapa sumber.

adsense-fallback

Hindari Matahari

Untuk menjaga kualitas bahan dan warna, furnitur hendaknya ditempatkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Jika terlalu sering dan lama terkena sinar matahari, warna furnitur akan memudar dan kualitas bahannya menurun. Itu disebabkan karena kayu mampu melengkung atau menyusut bila terlalu sering terkena matahari.

Penempatan

Sebaiknya beri jarak yang cukup antara furnitur dengan dinding atau perabot lain. Jarak yang disarankan setidaknya 5 cm. Tujuannya, agar furnitur tidak lembab karena material kayu yang lembab berpotensi ditumbuhi  jamur.

Pemindahan

Untuk memberikan suasana beda, menata ulang tampilan interior ruang sering dilakukan. Cara paling mudah yaitu mengganti  tata letak perabot ruangan. Ketika melakukan pemindahan sebaiknya lakukan dengan cara mengangkatnya bukan menyeret perabot. Karena, mengangkat perabot tidak memengaruhi kekuatan furnitur dalam menahan beban. Cara itu juga mampu menghindari lecet, patah, atau rusak.

Bersihkan

Selain penempatan yang sesuai , menjaga kebersihan furnitur juga penting untuk dilakukan. Maka, luangkan waktu untuk membersihkan furnitur kayu secar berkala, misalnya seminggu sekali.

Peralatan yang dibutuhkan yaitu, kuas, kain, dan cairan khusus. Kuas digunakan untuk menyapu bagian berdebu yang sulit dijangkau dengan kain. Setelah debu dibersihkan, semprotkan cairan pelapis  kayu atau pledge pada permukaan furnitur. Gosok menggunakan kain ball bagian yang sudah disemprot hingga tampilan kayu kembali mengkilat. Lalu biarkan hingga kering.  Untuk perawatan harian, cukup bersihkan debu-debu halus dengan kemoceng.

Jika menginginkan furnitur tahan lama gunakan cat vernis. Bahan tersebut berguna agar furnitur tidak diserang jamur sehingga lebih tahan lama. Meski sedikit lebih rumit, tapi hasil yang didapatkan akan lebih memuaskan.

Tampilan furnitur tampak seperti baru dan membuat pemilik rumah lebih menghemat pengeluaran karena tidak sering membeli produk baru untuk mengganti perabot. Selain itu, semakin tua usia furnitur, semakin tinggi pula nilai historisnya. (ae-smg).

Ada Formula dari bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengilapkan furnitur kayu. Ramuan ini adalah campuran sekali pakai, jangan disimpan untuk waktu yang lama. Campuran ini jangan pula dioleskan pada furnitur kayu antik yang perlu penanganan ekstra.

Alat dan bahan untuk mengilapkan furnitur kayu :

  • Lap berserat halus
  • Spons bersih
  • Botol semprot kosong
  • Minyak zaitun
  • Jus lemon
  • Gelas takar

Langkah-langkah Pengerjaan :

  1. Bersihkan furnitur kayu dari debu dengan lap berserat halus
  2. Bersihkan noda, cap tangan, dan kotoran yang menempel menggunakan spons bersih yang lembab. Mengelapnya mengikuti arah tekstur kayu, hingga kotoran menghilang
  3. Buat bahan pemoles dengan mencampurkan minyak zaitun dan jus lemon dengan perbandingan 2:1. Campur dan masukkan ke dalam botol semprot (spray) kosong.
  4. Kocok botol spray, kemudian semprotkan sedikit campuran tersebut pada kain lap. Poles furnitur searah dengan tekstur kayu.
  5. Terakhir, bersihkan menggunakan lap bersih hingga furnitur kayu kembali tampak baru.

adsense-fallback