Menerapkan Teknik Garis Dalam Mengecat Rumah

adsense-fallback

Menerapkan Teknik Garis Dalam Mengecat Rumah

Memilih satu warna cat untuk satu sisi dinding atau seluruh ruangan tentu menjadi hal biasa. Untuk membuat tampilan rumah yang berbeda, bisa dengan meninggalkan cara lama itu dan mencoba model baru. Yaitu dengan membuat garis atau stripes. Teknik sederhana ini dapat diaplikasikan dengan mudah namun menghasilkan warna dinding yang lebih berani dan menarik.

 Striping paint technique memadukan setidaknya dua warna cat sekaligus. Pada langkah awal, perlu ditentukan jenis garis yang diinginkan, baik horisontal maupun vertikal. Garis horisontal membuat ruangan tampak luas. Sedangkan, garis vertikal membuat langit-langit ruangan terkesan lebih tinggi.

adsense-fallback

Itu dapat menjadi solusi tepat dalam menciptakan motif pada dinding selain penggunaan wallpaper. Namun untuk mendapatkan tampilan warna sempurna, bisa dilakukan beberapa langkah berikut :

Persiapan

Sebelum mengecat sangat penting dilakukan persiapan. Setiap detil perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang baik. Tempelkan selotip pada bagian yang tidak dicat seperti tepi pintu, jendela, dan langit-langit. Kemudian bersihkan dinding menggunakan spon basah, untuk menghilangkan residu yang menempel. Jika sebelumnya dinding sudah dicat dengan warna kuat, aplikasikan cat putih terlebih  dahulu. Setelah kering, gunakan warna utama sebagai dasar.

Ukur Dinding

Selanjutnya tentukan besar garis yang akan dibuat. Untuk melakukannya, ukur panjang atau lebar dinding terlebih dahulu . Menurut situs diyenetwork.com. lebar stripe yang sesuai yaitu antara 4 hingga 12 inchi. Kurang dari 4 inchi dirasa terlalu sempit,  perlu gunakan waterpass untuk memastikan kelurusannya.

Tempel Selotip

Tutup bagian yang telah ditandai tersebut dengan pita atau solatip kertas. Penempelan selotip tergantung pada letak dan seberapa besar warna dasar akan ditunjukkan. Tekan selotip hingga menempel sempurna di dinding untuk menghindari rembesan cat. Tapi, sebaiknya gunakan  selotip dengan kualitas lekat rendah agar tidak menyebabkan dinding mengelupas saat dilepas. Penempelan harus dilakukan dengan hati-hati karena jika tidak lurus, akan sangat terlihat pada hasil akhirnya.

Pengecatan dan Finishing

Manfaatkan skema warna untuk memilih warna-warna yang tepat. Skema analog misalnya, penggabungan warna yang masih dalam satu nada tetapi memiliki rona berbeda. Sehingga memberi kesan kontras lembut., seperti orange kuning atau orang hijau. Adapula skema pelengkap yaitu memadukan warna berlawanan untuk memberi variasi yang menonjol seperti biru  dan orange.

Pemilihan warna cat juga dapat disesuaikan dengan jenis ruangan. Warna biru yang berkesan tenang dan cocok untuk kamar tidur. Warna merah baik untuk ruang makan karena dapat merangsang nafsu makan. Sedangkan, kuning dan orange cocok untuk serambi sebab memberi kesan hangat menyambut kehadiran tamu.

Jenis cat juga berpengaruh pada hasil. Maka, sebaiknya gunakan cat akrilik bberkualitas tinggi untuk hasil maksimal. Sapukan cat tersebut dengan roller atau kuas. Setelah cat kering, lepas selotip kertas yang menempel. Kombinasi warna  pun langsung dapat terlihat dan tercipta nuansa baru pada rumah . (suara merdeka/4/2/2014)

adsense-fallback