Mengapa Pengajuan KPR Ditolak?

Mengapa Pengajuan KPR Ditolak?

Rumah Pantura – Agar permohonan KPR Anda cepat disetujui , ada baiknya Anda mengenal berbagai prosesnya. Dengan demikian, Anda bisa menyiapkan berbagai kelengkapan yang diperlukan.

Ibarat orang mengajukan lamaran pekerjaan, pengajuan KPR pun tidak semuanya diterima. Namun, persentase pengajuan yang belum bisa disetujui ini jumlahnya relatif kecil dibandingkan pengajuan yang diterima.

adsense-fallback

Juanita A. Luthan  menolak istilah ditolak dalam proses KPR. “Yang ada, pihak bank menawarkan alternatif lain kepada calon debitur,” ujarnya. Menurut Nita, misalnya setelah dihitung-hitung ternyata debitur dinilai tidak mampu membayar jumlah cicilan per bulannya. Dalam kasus ini, pengajuan semula tidak langsung disetujui, tetapi bank akan menawarkan alternatif lain, misalnya jangka waktu yang diperpanjang atau jumlah kredit dikurangi.

Sementara itu, Paulus Tangkilisan  mengatakan bahwa pihak bank biasanya menolak pengajuan KPR jika rumah dibeli dari pengembang yang tidak terpercaya. Pihak bank kemudian memberi tahu hal ini kepada nasabah. Alternatif lain, bank bisa mencairkan dana KPR secara bertahap kepada pengembang, sambil melihat kemajuan pembangunan rumah yang dimaksud.

Menurut Paulus, jika sertifikat sudah “dipecah” atau rumah yang dikredit sudah “jadi”, bank biasanya menyetujui permohonan KPR. Ini karena tidak ada resiko yang harus ditanggung bank, karena “barang bukti” sudah tersedia. Dengan demikian, ada beberapa hal yang bisa menjadi kendala saat KPR diajukan.

–        SURAT-SURAT TIDAK LENGKAP

Saat mengisi formulir aplikasi KPR, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, seperti fotokopi KTP, NPWP, slip gaji terakhir, dan lain-lain. Bila syarat-syarat tersebut lengkap, bank akan lebih cepat memberi persetujuan.

–        STATUS KEPEMILIKAN RUMAH TIDAK JELAS

Ini biasanya terjadi pada rumah seken, walaupun tidak tertutup kemungkinan kasus ini menimpa rumah baru yang dibangun oleh pengembang yang tidak bertanggung jawab. Contohnya adalah rumah yang punya sertifikat palsu atau statusnya sengketa.

–        NASABAH BERMASALAH

Pihak bank akan lebih sulit menyetujui permohonan kredit yang diajukan oleh nasabah yang punya “reputasi buruk”, misalnya sering menunggak pembayaran. (tabloid rumah)

Judul Artikel : Mengapa Pengajuan KPR Ditolak?

adsense-fallback