Mengajukan Kredit Rumah Itu Mudah! Tidak Sulit dan Tidak Berbelit

adsense-fallback

Mengajukan Kredit Rumah Itu Mudah! Tidak Sulit dan Tidak Berbelit

Kini mendapatkan rumah sesuai angan-angan tidaklah sulit. Dana boleh jadi menjadi nomor dua. Betapa tidak, Anda tinggal mengajukan pinjaman ke bank dan segera rumah dapat Anda tempati.

Hampir seluruh Bank menawarkan pinjaman kepemilikan rumah, tapi pilihlah bank yang tidak rumit  dan memberikan banyak solusi dan keleluasaan. Bank –bank kini tidak hanya menyediakan dana pinjaman untuk rumah baru dari developer properti, tetapi juga rumah yang Anda beli dari seseorang, bahkan untuk rumah yang akan Anda bangun sendiri. Menariknya lagi, bank juga menyediakan kredit untuk kepreluan renovasi rumah.

adsense-fallback

Sebenarnya semudah apa sih mengajukan kredit rumah?

Berikut ini cara pengajuan kredit untuk membangun, merenovasi, dan membeli rumah baru atau “seken”.

KPR untuk Rumah Baru maupun “seken”

Ketentuan KPR untuk rumah baru maupun “seken” adalah sama. Bank penyedia KPR menyediakan pembiayaan untuk keperluan tersebut sebesar 90% dari harga penawaran developer  atau dari penilaian jaminan. Bahkan jangka waktu pinjamannya pun ada yang bisa sampai 20 tahun.

Langkah-langkah pengajuan KPR:

  • Cari dan dapatkan rumah idaman. Dalam hal ini Anda dapat berhubungan dengan developer, property agent, atau penjual langsung.
  • Konsultasi  dengan petugas kredit bank untuk menentukan jangka waktu pinjaman dan jumlah pinjaman yang disesuaikan dengan kemampuan Anda mengangsur pinjama, yang dapat Anda lihat melalui tabel angsuran yang  disediakan oleh bank.
  • Ajukan aplikasi KPR dan lengkapi dengan dokumen-dokumen yang disyaratkan untuk persetujuan KPR tersebut.
  • Tunggu pemberitahuan status persetujuan kredit. Jika sudah disetujui oleh bank, Anda akan menandatangani perjanjian kredit dan pengikatan jaminan.
  • Pencairan dana dari bank akan dilaksanakan setelah seluruh persyaratan terpenuhi dan akan  dibayarkan secara langsung kepada pihak penjual (developer, penjual perseorangan, atau property agent).

Pinjaman Membangun/Renovasi Rumah

Pembiayaan untuk membangun dan renovasi rumah dari Bank penyedia KPR bisa mencapai 100 % dari RAB (Rencana Anggaran Biaya) atau anggaran konstruksi dengan maksimal 80 % dari harga pasar rumah yang dijaminkan (hasil dinilai oleh bank). Jangka waktu pinjaman untuk membangun rumah bisa sampai 2o tahun sedangkan untuk renovasi bisa selama 10 tahun.

Langkah-langkah pengajuan pinjaman untuk membangun dan merenovasi rumah adalah sebagai berikut :

  • Buatlah RAB, Anda dapat menggunakan jasa kotraktor atau membuatnya sendiri termaasuk mendesain rumahnya.
  • Berkonsultasilah dengan petugas kredit (credit officer)  bank untu menentukan jangka waktu pinjaman dan jumlah pinjaman yang disesuaikan dengan kemampuan Anda mengangsur pinjaman (Anda dapat mengetahui perihal ini melalui tabel angsuran yang disediakan oleh pihak bank).
  • Ajukan pinjaman ke bank. Lengkapi pengajuan Anda ini dengan dokumen-dokumen yang disyaratkan untuk proses persetujuan pinjaman. Tunggu pemberitahuan status persetujuan kredit. Jika sudah disetujui oleh bank maka akan dilaksanakan penandatanganan perjanjian pinjaman dan pengikatan jaminan. Akhirnya Anda akan segera dapat menikmati tinggal di rumah idaman.
  • Ada satu hal penting yaitu pencairan dana dari bank akan dilaksanakan setelah seluruh persyaratan terpenuhi dan akan dibayarkan secara langsung ke nomor rekening Anda.

Nah, tidak sulit bukan? Anda tidak lagi perlu menunda-nundanya lagi. Segera dapatkan rumah idaman Anda. (Niaga Kredit Rumah / tabloid rumah)

adsense-fallback