Berbagai Macam Pilihan KPR

adsense-fallback

Berbagai Macam Pilihan KPR 

Rumah Pantura – Banyak bank yang menyediakan KPR. Sebenarnya apa saja macam Pilihan KPR yang disediakan oleh bank-bank tersebut?

Rumah adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Setiap orang pasti ingin mempunyai rumah sendiri, tidak tergantung orang tua. Namun biaya untuk memiliki sebuah rumah tidaklah sedikit. Banyak orang yang urung membeli rumah karena dana yang tidak mencukupi. Padahal semakin ditunda, harga rumah justru semakin naik, semakin tidak cukup pula dana yang ada. Oleh karena dana yang tidak mencukupi tersebut, banyak orang yang kemudian hanya mengontrak rumah, padahal dengan mengontrak rumah, justru membuang-buang uang.

adsense-fallback

Untuk mengatasi masalah klasik ini, sekarang banyak bank maupun pengembang yang menyediakan jasa peminjaman dana untuk pembelian rumah, yang dikenal dengan istilah KPR, baik itu KPR konvensional, syariah, atau pengembang. Agar para nasabah tersebut tertarik untuk mengambil KPR yang disediakan oleh suatu bank, maka bank menyediakan banyak pilihan KPR.

Pilihan untuk KPR Konvensional

Sebenarnya yang dimaksud dengan KPR konvensional adalah KPR yang disediakan oleh bank-bank konvensional. KPR konvensional ini pun bisa dipilah-pilah lagi menjadi beberapa macam. Banyaknya variasi KPR yang disediakan oleh bank konvensional tergantung dari bank itu sendiri. Biasanya tiap bank akan berlomba-lomba untuk menarik debitur dengan menyediakan banyak macam KPR, sehingga nasabah akan lebih mudah memilih KPR yang sesuai dengan kebutuhannya.

Beberapa contoh KPR konvensional,  KPR untuk rumah, pembangunan, dan renovasi, dan alih pinjaman. Akan tetapi masih banyak macam-macam KPR konvensional lainnya, tergantung pada tiap bank yang mengeluarkannya. Di bawah ini ada beberapa contoh Berbagai macam Pilihan KPR yang disediakan oleh bank.

–        KPR pembelian

KPR ini ditujukan bagi konsumen yang ingin membeli rumah baru, namun tidak memiliki cukup uang. KPR ini membebaskan nasabah untuk memilih lokasi dan kondisi bangunan (baru atau seken), bisa pula untuk membeli ruko.

–        KPR pembangunan dan renovasi

Bagi konsumen yang sudah mempunyai tanah, tapi belum mampu untuk mendirikan bangunan di atasnya, atau bagi para konsumen yang sudah mempunyai rumah, akan tetapi ingin menambah ruangan atau memperbaiki rumahnya. Tidak mempunyai biaya yang cukup, sekarang tidak perlu kawatir lagi, karena sudah ada KPR yang khusus disediakan untuk keperluan pembangunan dan renovasi ini. Bila Anda sudah meminjam uang di bank untuk pembelian rumah dan belum lunas, Anda tetap bisa meminjam untuk merenovasi rumah. Anda bisa menambahkan KPR pembangunan dan renovasi ini bila dana Anda tidak mencukupi untuk mengembangkan rumah Anda.

–        KPR alih pinjam

KPR ini dapat mengalihkan pinjaman dari pihak satu ke pihak yang lainnya, bila dirasa cicilan yang disediakan oleh pihak pertama terlalu berat. Bank akan membantu meringankan jumlah cicilan, bahkan bisa mendapatkan tambahan dana pinjaman.

KPR Syariah

Selain KPR konvensional, ada juga KPR syariah, yang dikeluarkan oleh bank syariah. Dalam KPR syariah, ada dua macam cara peminjaman dana, yaitu Ijarah Muntahiya Bittamik (IMB) atau perjanjian sewa beli dan Ba’I Bithaman Ajil (BBA) atau perjanjian jual beli dengan angsuran.

KPR IMB adalah pengajuan sewa rumah kepada bank untuk rumah yang diinginkan dalam jangka waktu tertentu, dan pembayaran dilakukan setiap bulan. Pada akhir sewa, akan ada perjanjian lagi agar nasabah dapat membeli rumah tersebut atau bank dapat menghibahkan rumah tersebut pada nasabah.

Sedangkan untuk KPR BBA, nasabah akan membeli rumah dengan bantuan bank, dan nasabah akan mencicil ke bank setiap bulannya beserta bunganya dalam jangka waktu tertentu.

Bila kedua cara peminjaman dana tersebut di atas dibandingkan, maka KPR BBA lebih murah, karena hanya ada satu kali perjanjian, dan harga jual rumah sudah ditentukan di muka sebelum transaksi, di mana biasanya harga jual rumah tersebut ditentukan oleh bank berdasarkan harga pokok, rate keuntungan, dan jangka waktu angsuran.  Angsuran untuk KPR syariah ini sama besarnya dengan KPR konvensional.

Selain dua macaM KPR di atas, masih ada KPR pengembang, yaitu KPR yang disediakan oleh pengembang, bekerjasama denga bank-bank tertentu. KPR pengembang hanya cocok untuk kalangan menengah ke atas. Sebab biasanya KPR pengembang ini memerlukan dana yang lebih besar, dan batas cicilannya biasanya sampai 3 tahun saja. Umumnya orang mengambil KPR pengembang ini karena tidak mau disibukkan dengan urusan bank. (tabloid rumah)

Artikel Download  : Berbagai Macam Pilihan KPR (Pdf)

adsense-fallback